Latar Belakang Masalah
Kunci keberhasilan penyelenggaraan
jasa kesahatan adalah memberikan pelayanan yang dapat memenuhi dan menjawab
segala kebutuhan dan permasalahan konsumen setiap saat, di manapun dan dalam
kondisi apapun secara cepat dan tepat. Oleh karena itu setiap organisasi yang
bergerak di bidang pelayanan jasa kesehatan dituntut untuk menempatkan
orientasi kepada kepuasan konsumen sebagai tujuan akhir.
Di era globalisasi saat ini
kesehatan adalah hal terpenting dalam kehidupan, banyak orang yang beranggapan
bahwa hidup sehat lebih baik dibaningkan mempunyahi harta banyak tetapi tidak
bisa hidup sehat. Namun banyak masyarakat kalang menegah kebawah yang masih
sulit untuk berobat yang disebabkan dengan tingginya biaya yang harus mereka
keluarkan untuk berobat. Pemerintah
dewasa ini sedang dituntut melaksanakan pembangunan dan dituntut pula untuk
melakukan perubahan di segala bidang. Salah satunya adalah tuntutan kepada
masyarakat dan membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan
sebaik-baiknya.
Perkembangan klinik pada sekarang ini
mengalami peningkatan yang sangat besar. Pada perkembangannya klinik
didirikan umumnya untuk kebutuhan masyarakat didalam bidang
kesehatan dan diharapkan dapat
memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan lengkap untuk
masyarakat luas dari berbagai kalangan dengan sebaik-baiknya.
Semakin banyaknya masyarakat di
jakarta, klinik Dr. Rhman Medical Center diharapkan dapat bersaing dengan
rumah sakit bagaimana caranya untuk dapat menarik konsumen, khususnya pasien.
Dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengunjung klinik, apabila klinik
Dr. Rhman Medical Center telah menerapkan standar pelayanan yang baik maka
konsumen tidak akan segan-segan untuk kembali berobat. Dengan alasan meraka
merasa puas tehadap pelayanan yang telah diberikan, konsumen tidak akan ragu
lagi untuk merekomendasikan kepada calon konsumen lain yang bersifat positif
tentang klinik untuk berobat.
Sebagai perusahaan yang bergerak
dibidang jasa, maka tingkat kepuasan pasien atau pelanggan akan sangat
berpengaruh terhadap laba perusahaan. Jika pelanggan merasa terpuaskan oleh
kinerja dokter dan perawat di klinik Dr. Rhman Medical Center maka pelanggan
akan berfikir untuk kembali pada pelayanan jasa tersebut karena disini pasien
atau pelanggan itu merasa, mereka membayar sesuai yang mereka inginkan.
Fenomena kualitas layanan menjadi
tujuan dalam memperbaiki pemenuhan kepuasan konsumen atas pelayanan yang
diterima yaitu terpenuhinya harapan, keinginan dan kebutuhan konsumen. Harapan
konsumen yaitu cepat mendapatkan pelayanan, keinginan konsumen yaitu pelayanan
sesuai dengan jangkauan pembiayaan yang dikenakan, dan kebutuhan konsumen yaitu
terpenuhinya layanan yang berkualitas.
Berdasarkan uraian tersebut, maka peneliti tertarik memilih
judul : “Tingkat Kepuasan
Konsumen terhadap Pelayanan di Klinik Dr. Rahman Medical Center ”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar