Minggu, 02 Desember 2012

Metode Riset - BAB III



BAB III 

METODOLOGI PENELITIAN

1.1   Objek Penelitian
Klinik Dr. Rahman Medical Center marupakan salah satu sarana pelayanan jasa yang kegiatan utamanya adalah melayani kesehatan masyarakat. Klinik Dr. Rahman Medical Center yang bertempat di Jl. Kemandoran No. 37 RT. 001/022 Pekayon Jaya - Bekasi. Klinik ini dikelolah oleh dokter yang bernama Dr. Rahman Sin, sudah hampir 10 tahun klinik ini berdiri bukan hal yang mudah untuk mempertahankan pelanggan atau pasien.

Klinik ini memberikan banyak fasilitas diantaranya pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, operasi kecil atau bedah minor, pemeriksaan kehamilan dan kandungan, persalinan, imunisasi, laboratorium. Serta didukung oleh ruangan-ruangan yang sangat memadahi seperti terdapat ruang periksa, ruang tindakan, ruang pendaftaran, ruang tunggu, ruang laboratorium, ruang observasi, ruang persalinan dan ruang apotek.
     
 Keberadaan klinik disangat membantu masyarakat khususnya masyarakat kalangan menengah kebawah untuk berobat dengan biaya yang sangat murah dan pelayanan yang sangat membuat pelanggan atau pasien sangat merasa puas.


1.2   Data variable
Dalam penelitian ini dilihat dari 5 dimensi yaitu :
1.       Reliability ( kehandalan )
Yaitu kemampuan untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan janji yang ditawarkan 
2.       Responsiveness ( ketanggapan )
Yaitu respon atau kesigapan karyawan dalam membantu pelanggan dan memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap, yang meliputi : kesigapan karyawan dalam melayani pelanggan, kecepatan karyawan dalam menangani transaksi, dan menangani keluhan pelanggan
3.       Assurance ( keyakinan )
Meliputi kemampuan karyawan atas pengetahuan produk secara tepat, kualitas keramah-tamahan, perhatian dan kesopanan dalam memberi pelayanan, keterampilan dalam memberikan informasi, kemampuan dalam memberikan keamanan dalam manfaat jasa yang ditawarkan, dan kemampuan dalam menanamkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.

4.       Empathy ( empati )
Yaitu perhatian secara individu yang diberikan perusahaan kepada pelanggan seperti kemudahaan untuk menghubungi perusahaan, kemampuan karyawan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, dan usaha perusahaan untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelangganya.
5.       Tangibles (berwujud )
Terukur, Meliputi penampilan fasilitas fisik seperti gedung dan ruangan front office, tersedianya tempat parkir, kebersihan, kerapian, dan kenyamanan ruangan, kelengkapan peralatan komonikasi dan penampilan

1.3   Metode Pengumpulan Data
Berdasarkan uraian diatas, maka dalam penulis ilmiah ini penulis menggunakan metode dan analisis yaitu :

1.       Metode Skala Likert
Didalam penulisan ilmiah ini penulis menggunakan skala likert yaitu jenis skala yang digunakan untuk mengukur variable penelitian seperti sikap, pendapat, persespsi social seseorang atau kelompok. Responden diminta mengisi pertanyaan dalam skala ordinal berbentuk verbal dalam jumlah katagori tertentu. Dalam hal ini digunakan tingkatan yang terdiri dari sangat puas, puas, cukup puas, tidak puas dan sangat tidaj puas.
Adapun rumus pengujian skala likert yang dipakai adalah :

NIK =                            Nilai bobot
                               
katagori penilaian

                                Keterangan :
                                NIK                         : Nilai Indeks Kerja
                                Nilai Bobot          : katagori penilaian X bobot masing-masing
                                                             : terdapat 5 katagori

2.       Metode Chi Square
Pengujian hpotesis mengenai perbandingan antara frekuesi observasi/ yang benar-benar terjadi/ actual (fo) dengan frekuesi harapan/ ekspentasi (fe) yang didasarkan atas hipotesis tersebut dengan rumus :

X2 = (fo – fe) 2


        fe
keterangan :
X2  : Chi square
Fo : frekuensi yang diobservasi
Fe : frekuensi yang diharapkan

Dengan menggunakan tingkat singnifikan/ taraf nyata ( α ) = 0,05. Untuk mencari fe digunakan rumus :

fe = Pr X Pc X n
keterangan :
Pr : Proposi baris
Pc : Proposi kolom
n : banyak data

Ho ditolak apabila X2 hitung > X2 tabel

Ho diterima apabila X2 hitung < X2 tabel



 

                                                                                                Daerah Penolakan Ho








Dengan menggunakan tingkat signifikan (α ) 5% atau α : 0,05 dan dengan hipotesis kerja sebagai berikut :

Ho          : konsumen klinik Dr. Rahman Medical Senter  merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan

Ha           : konsumen klinik Dr. Rahman Medical Senter merasa  puas terhadap pelayanan yang diberikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar