Rabu, 24 April 2013

PROPOSAL BAB I



PROPOSAL SKRIPSI

Analisis Penempatan Kerja Karyawan pada PT. Daeyu Indonesia Menggunakan Metode Hungarian

Widha Lovendrianti
Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi, Jurusan Ekonomi
NPM 18210482

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1      Latar Belakang Masalah
Perkembangan dunia bisnis saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat terutama pada sektor manufaktur, sektor ini membutuhkan sumber daya manusia yang tidak ada batasnya sehingga membuat persaingan manajemen sumber daya antar perusahaan sangat tinggi. Perusahaan dituntut untuk dapat mengatur sumber daya manusia yang dimiliki secara efektif dan efisien.
Strategi yang diambil oleh manajer sumber daya manusia adalah strategi penempatan kerja sumber daya manusianya (karyawan). Strategi ini bertujuan untuk mengefisienkan waktu kerja karyawan, sehingga diharapkan menghasilkan produk lebih banyak dengan waktu yang terbuang lebih sedikit. Secara tidak langsung perusahaan akan mendapatkan profit  lebih banyak dan karyawan mengeluarkan energi lebih efisien.
Perencanaan sumber daya manusia adalah proses penentuan kebutuhan sumber daya manusia dalam suatu organisasi yang menjamin bahwa memiliki jumlah serta kualifikasi orang yang tepat dalam pekerjaan pada waktu yang tepat.
Sumber daya manusia adalah faktor sentral yang mampu mengelola faktor-faktor proses produksi dari bahan mentah menjadi finishing goods. Sumber daya manusia adalah modal non-material dalam perusahaan yang mutlak dimiliki. Sumber daya manusia merupakan asset utama bila produktifitasnya berjalan dengan baik apabila tidak produktif maka sumber daya manusia  tidak lagi menjadi asset melainkan beban bagi perusahaan.
Maka dari itu sumber daya manusia yang direkrut oleh perusahaan harus memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan seperti berpendidikan, memiliki keterampilan dan prilaku yang baik serta memiliki pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang yang dibutuhkan. Dengan menempatkan karyawan yang benar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki akan membuat perusahaan bisa meminimalisasikan waktu kerja serta biaya untuk pelatihan atau training  yang akan membuat perusahaan mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.
Penempatan tenaga kerja adalah proses pemberian tugas pada tenaga kerja yang lulus seleksi untuk dilaksanakan sesuai dengan ruang lingkup yang ditetapkan serta mempertanggung jawabkan segala resiko dan kemungkinan yang terjadi atas tugas dan pekerjaan, wewenang seta tanggung jawab (Sastrohadiwiryo dalam Widiantoro,2012).
Perusahaan yang sudah menempatkan karyawannya dengan baik maka dengan sendirinya karyawan tersebut akan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan tepat waktu. Dengan menggunakan metode Hungarian (penugasan) perusahaan akan bisa menempatkan karyawan seefektif mungkin untuk mengurangi biaya yang besar dan meminimalisasi waktu kerja. Metode penugasan ini sangat bisa menginspirasikan bagi perusahaan-perusahaan baru ataupun perusahaan yang sudah lama berdiri, dengan proses perhitugan yang mudah.

Tujuan yang ingin dicapai dalam menyelesaikan masalah ini adalah berusaha untuk menempatkan setiap karyawaan pada suatu pekerjaan sesuai dengan kempuan yang dimiliki sehingga waktu pengelesaian dapat optimamal.
Berdasarkan keseluruhan uraian diatas maka penulis mengangkat masalah meminimalisasi waktu penyelesaian pekerjaan yang terjadi pada penempatan tenaga kerja kedalam penulisan ilmiah yang berjudul : ANALISIS PENEMPATAN KERJA KARYAWAN PADA PT. DAEYU INDONESIA MENGGUNAKAN METODE HUNGARIAN “.



1.2      Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis merumuskan masalah dalam hal ini sebagai berikut :
Bagaimana penempatan kerja pada PT. Daeyu Indonesia dengan menggunakan metode Hungarian ?

1.3      Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui bagaimana PT. Daeyu Indonesia dalam menempatkan setiap tugas kepada karyawan sudah optimal dengan metode penugasan.

1.4      Batasan Masalah
Penulis membatasi masalah hanya pada bagaimana PT. Daeyu Indonesia menempatkan 13 karyawannya pada bagian produksi seperti yarn rewinding, yarn distribution, knitting, 1st inspection, linking, sewing, washing, setting & ironing, 2nd inspection, accessories attachment, final inspection, packing dan shipping dengan menggunakan metode Hungarian (penugasan).

1.5      Manfaat Penelitian
Hasil penelitian bermanfaat untuk :
a.      Bagi Penulis
Hasil penelitian diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang penempatan karyawan yang paling efisien bagi perusahaan sesuai dengan kemapuan dan keahliannya.
b.      Bagi Perusahaan
Hasil penelitian diharapkan dapat memberi pandangan pada perusahaan dalam menempatkan karyawannya untuk mengoptimalkan penyelesain tugas yang telah ditetapkan.

1.6      Metodelogi Penelitian
1.6.1        Objek Penelitian
Dalam penelitian ini penulis mengambil objek pada PT. Daeyu Indonesia yang beralamat di Jl. Sultan Hasanudin km-39 Tambun Beksi 17510.

1.6.2        Data / Variabel
Data dari penelitian ini didapat langsung dari studi lapangan sehingga informasi yang didapat lebih meyakinkan dan jelas. Data yang diambil berupa nama pegawai, tugas dari masing-masing pegawai dan lama pengerjaan tugas yang telah ditetapkan.

1.6.3        Metode Pengumpulan Data
Untuk mendapatkan data atau informasi yang lebih meyakinkan dan jelas, penulis mengumpulkan data dengan cara :
a.      Studi Kepustakan
Dengan mencari referensi dari buku-buku atau penelitian ilmiah lainnya yang dapat membantu penulis dalam menyusu penulisan ilmiah ini.
  
b.      Studi Lapangan
Merupakan studi lapangan yang dilakukan untuk memperoleh data yang lebih meyakinkan dan jelas dengan cara melakukan :
1.      Wawancara
Mengadakan komunikasi langsung dengan pemilik dan karyawan pada PT. Daeyu Indonesia untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis.
2.      Observasi
Dengan melakukan pengamatan langsung ke lapangan pada PT. Daeyu Indonesia untuk meneliti data yang berhubungan dengan penulisan ilmiah ini.
3.      Dokumentasi
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mencatat data-data yang dimiliki oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan pembahasan dalam penelitian ini.

1.7      Alat Analisis yang Digunakan
Alat analisis yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode Hungarian (penugasan). Metode Hungarian adalah salah satu dari beberapa teknik-teknik untuk memecahkan masalah dalam penempatan karyawan yang efektif. Metode ini sangat bisa memberika inspirasi bagi perusahan-perusahan dalam menempatkan karyawannya agar bisa meminimalisasi waktu dalam menyelesaikan tugasnya.


            


Tidak ada komentar:

Posting Komentar